Jenis Jenis Tinta Printer Dan Fungsinya

Advertisement
STARDATA Tangerang ~ Sering menggunakan mesin Printer atau Fotocopy pastinya mesti tau juga jenis-jenis tinta printer yang digunakan, mulai dari biasa, anti air atau yang lainnya. Tinta Printer ini ada beberapa macam yang mempunyai hasil dan kualitas yang berbeda juga.

Buat yang udah tau silahkan nyimak aja, ini khusus buat sobat atau anda yang masih bingung dan belum tau tentang Jenis-Jenis Tinta Printer.

Jenis-Jenis Tinta Printer dan Fungsinya

Berdasarkan Formula dasar dan Fungsinya, Tinta Printer terdiri dari beberapa jenis, diantaranya:

[1] Tinta Printer Dye Base

Tinta Dye Base merupakan jenis tinta yang dominan berbahan dasar dari air (H2O) dan dicampur dengan bahan perwarna (Colourant) yang bisa menyatu dengan baik, sehingga kemungkinan mengendap dan mampat pada 'Printhead Cartridge' semakin kecil.
Tinta printer tipe DYE water based ini paling banyak digunakan untuk Printer standard karena bersifat hasil cetak yang bagus, hasil print di kertas foto sangat bagus dan warna cerah.

Untuk harga tinta jenis Dye Base juga lebih murah dibanding pewarna untuk jenis tinta lainnya, tapi hasil cetak dari tinta Dye Base kurang tajam, pekat, tidak tahan air atau luntur di kertas HVS terhadap air dan cahaya dibanding tinta Pigment

[2] Tinta Printer Pigment / Durabrite

Tinta Pigment memiliki kualitas cetak yang lebih tajam, pekat, dan tahan air dibanding tinta dye base karena formula tintanya yang terdiri dari Air (H2O), Diluent, Colorant Pigment, dan yang lainnya.

Tinta printer jenis Pigment ini memiliki kualitas hasil cetak yang lebih baik, tahan lama, tajam dan anti air (water proof) di semua jenis kertas seperti kertas HVS, Inkjet Paper maupun photo paper.

Kekurangan Tinta Pigment ini kalo Printer gak digunakan dalam jangka waktu tertentu, maka 'Printhead Cartridge' akan tersumbat oleh bahan perwarna tinta yang mengendap dan mengering pada nozzle head.

Tinta Printer Pigment biasanya digunakan beberapa Produsen printer Original untuk cartridge warna hitamnya, tapi tinta pigment yang non-ori juga banyak dijual dipasaran.

[3] Tinta Printer Sublimation Ink

Jenis tinta Water Based Sublimation ini sering dipakai oleh kebanyakan pengguna infus printer untuk transfer gambar hasil print ke media lain, Printer-printer standard yang digunakan untuk mencetak bahan-bahan sablon, seperti baju kaos, Pin, mug, keramik, dll. Karena Karekteristik Tinta Sublim yang jauh lebih tahan terhadap air dan degradasi warna yang lebih kuat.

Formula Tinta Sublim dominan mengandung minyak, perwarna(Colorant), diluent, dan zat lainnya, oleh karena itu tinta Sublim memiliki ketahanan yang jauh lebih baik dibanding Tinta Pigment, tapi resiko Printhead tersumbat lebih besar dibanding Tinta Pigment. Metode transfer yang digunakan adalah cetak ke kertas hvs atau inkjet paper lalu di heat press ke kaos, mug, keramik, dll.

[4] Tinta Printer Pigment Art Paper Ink

Jenis Tinta Art Paper Ink ini cocok untuk digunakan di percetakan skala kecil maupun skala besar yang sering mencetak di kertas art paper ivory dengan quantity kecil untuk gambar full color.

Tinta pigment ini juga bisa digunakan untuk mencetak di atas kertas art paper / ivory dengan menggunakan printer Epson desktop biasa seperti : Epson R230, Epson T11, Epson T20, Epson C90, Epson C79, Epson T1100, Epson 1390, Epson 1290.

[5] Tinta Printer Solvent

Jenis Tinta Solvent ini memiliki ketahanan yang paling baik terhadap Air dan UV, karena tinta solvent terbuat dari bahan-bahan yang mendekati seperti cat duco ditambah dengan bahan-bahan yang disesuaikan untuk tipe-tipe Printer Outdoor.
Tinta Solvent banyak digunakan untuk mencetak Banner, Spanduk, billboard, neonbox, dan yang lainnya untuk outdoor Printing karena hasil cetaknya yang lebih awet terhadap Air dan UV, namun tinta solvent berbau menyengat.

[6] Tinta Printer Eco Solvent

Tinta Eco Solvent sama seperti Tinta Solvent, hanya karakteristik tinta eco solvent sedikit kurang tahan terhadap UV, namun tidak berbau menyengat dibanding Tinta Solvent, oleh karena itu Tinta Eco Solvent banyak digunakan untuk Indoor Printing.

Masing-masing printer (lihat Jenis Jenis Printer) mempunyai atau menggunakan Jenis Tinta Printer tertentu juga, sesuaikan dengan kebutuhan. Pengetahuan tentang jenis-jenis tinta printer diatas semoga bisa bermanfaat. Maaf kalo repost. By StarData Tangerang dari Sumber forum.kompas.com agitaafrina.wordpress.com dan google.com.
Advertisement

Jenis Jenis Tinta Printer Dan Fungsinya

Published by: Admin on 15.30.

Silahkan Komentar Disini:

7 comments:

  1. wah artikelnya sangat inspiratif banget :D jadi bisa tau kelebihan dan kekurangan tinta tersebut, thanks yah :D salam dari tinta printer epson

    BalasHapus
  2. untuk tinta kualitas terbaik gunakan Tinta printer Indonesia Ink
    silahkan visit us :
    www.indonesiaink.blogspot.com

    BalasHapus
  3. gan mw tanya klu tinta refill tu pa ya dan fungsix apa?

    BalasHapus
  4. Apakah bisa tinta pigment dicampur dngn eco solvent

    BalasHapus
  5. bagaimana cara mencetak photo anti air dan tahan lama seperti poto untuk ijazah

    BalasHapus
  6. untuk printer biasa yang dipake di rumah kayak canon gitu bisa pake tinta dye punya alfa ink, hasilnya bagus buat cetak foto juga baagus. menurut pengalaman saya

    BalasHapus
  7. mksh ats artikelnya, ini sangat bermanfaat skl..

    BalasHapus