Sejarah Printer (Teknologi Printing)

Advertisement
System percetakan atau cetak-mencetak dengan mesin Printing atau Printer saat ini sudah menjadi kebutuhan. Karena hampir setiap kantor, instansi, pabrik, sekolah, kampus, sampe perumahan sudah menggunakan mesin cetak Printer. Berbagai jenis printer yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dan juga kualitas cetakan-nya. Tapi apakah kalian tau bagaimana sejarah dari printer atau teknologi printing?

Buat yang belum tau, kali ini coba menyalin artikel singkat tentang sejarah printer dan teknologi printing yang dimulai dari abad ke-14. Berikut penjelasannya.

Sejarah Printer dan Teknologi Printing

# Sejarah Printer (Teknologi Printing)

Perkembangan percetakan atau teknik cetak-mencetak sudah dimulai pada abad ke-14 secara sederhana di Cina. Orang-orang Cina berhasil melakukan inovasi menciptakan tinta dan block printing yg berpengaruh besar terhadap tradisi tulisan.

Tapi perkembangan teknik cetak di Cina masih kalah dengan perkembangan di Eropa. Karena alfabet Cina memiliki tingkat kesulitan yang tinggi jika diterapkan di mesin tik, dengan ribuan ideogram spesifik. Sehingga hampir gak ada perubahan dalam hal efisiensi produksi di Cina dibandingkan dengan Eropa.

Dan pada awal tahun 1950-an, terjadi perkembangan budaya di Eropa yg membuat kebutuhan proses produksi dokumen tulisan cepat dan murah. Seorang tukang emas dan usahawan asal Jerman, Johannes Guternberg berhasil mengembangkan teknologi mesin pencetak secara revolusioner. Penemuan mesin cetak ini memungkinkan Alkitab jadi buku pertama yg diproduksi secara massal.

Seperti yg kita tau sekarang ini, ada beberapa Jenis Printer yg dibuat dan digunakan. Ada jenis Printer Dot Matrix, DeskJet/InkJet Printer, LaserJet Printer, hingga Thermal Printer.

# Sejarah Printer InkJet

Printer system inkjet (Inkjet Printer dan Printer Ink Cartridge) ini pertama diperkenalkan pada tahun 1984. Tugas pencetakan dokumen dan penggantian ink cartridge lebih sering dipergunakan, dengan hasil cetakan yg lebih bersih dari pada pita atau pengisian toner cartridge.

Pada tahun 1984, Walaupun Penerimaan system initahun 1984 belum terlalu diminati seperti saat ini, tapi Printer inkjet menggantikan printer system dot matrik, yg kemudian pabrik-pabrik printer mulai mengkonsep teknologi inkjet sesuai dengan tuntutan kemajuan. Pada tahun 90-an, metode inkjet tersebar luas.
Saat ini metode cartridge diperlukan untuk mencetak hitam putih, gambar dan photo warna. Perkembangan ink cartridge mampu menghasilkan cetakan di atas kertas yg berbeda jenis dan ukuran.

» Sekarang ini, Printer InkJet digunakan di pabrik, produksi film, di sekolah-kampus, rumah-kantor dan jutaan orang di seluruh dunia.

# Sejarah Printer LaserJet

Printer dengan kecepatan tinggi pertama kali di kembangkan oleh Remington-Rand pada tahun 1953, yg digunakan di UNIVAC computer.

Chester Carlson memperkenalkan proses cetak basah yg disebut "Electrophotography" pada tahun 1958, yg kemudian hari dinamakan "Xerox", dan kemudian berkembang menjadi penemuan teknologi "Printer Laser".

Mulai tahun 1969, Printer Laser dinamakan "EARS" dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center, dan selesai pada bulan November tahun 1971. Tenaga ahli Xerox 'Gary Starkweather' mengadopsi teknologi copy Xerox menjadi Printer Laser.

Printer Laser Xerox 9700

»»
Produk printer laser pertama Xerox dengan teknologi xerographic laser "Xerox 9700" di rilis tahun 1977.

Printer Laser IBM 3800

»»
IBM memulai teknologi system printer kecepatan tinggi ini pada tahun 1976, pertama dipasang pada kantor pusat akunting di F.W. Woolworth’s North American data Center di Milwaukee, Winconsin, pada produk pertamanya "IBM 3800", mengkombinasikan teknologi laser dan electrophotography.

HP LaseJet 4

»»
Sedangkan Hewlett-Packard (HP) menggunakan printer kecepatan tinggi ini pada Tahun 1992, denagn memperkenalkan "LaseJet 4" yang terkenal, menggunakan resolusi 600 x 600 dot per inch (dpi).

Dan hingga saat ini sudah banyak merek yang memproduksi Printer dengan berbagai jenis. Mulai dari XEROX, IBM, HP, Canon, Epson, dll. Itulah penjelasan singkat tentang sejarah printer dan teknologi printing yang saat ini sudah banyak dibutuhkan. By Stardata Service dari sumber Davidusman.wordpress.com.
Advertisement

Sejarah Printer (Teknologi Printing)

Published by: Admin on 10.33.

Silahkan Komentar Disini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar