Penyebab Komputer Jadi Lelet (Lemot)

Advertisement
Penyebab Komputer Jadi Lelet (Lemot) - Masih sering dari sobat yang mengalami masalah dengan komputer / laptop yang lemot alias lelet, sampai harus mencari cara membuat komputer agar menjadi cepat. Tapi kadang tips mempercepat komputer yg ada gak selalu berhasil, karna mungkin memang ada masalah di komputer / laptopnya. Lalu kenapa komputer tetap lelet?

Apa sih penyebab komputer laptop jadi lelet atau lemot? Mungkin itu pertanyaan yang pas. Nah, kali ini coba mencari tau beberapa sebab komputer menjadi lelet dan bagaimana cara mengatasinya. Silahkan simak dibawah..

Penyebab Komputer Jadi Lelet (Lemot)

#1. RAM Tidak Terbaca

Kadang sering terjadi RAM komputer/laptop gak terbaca sebagaimana mestinya. Jadi kamu mesti tau gimana spesifikasi komputer kamu. Kalo misalnya komputer kamu memiliki RAM 1 GB, ternyata hanya terbaca 512, tentu aja berpengaruh banyak terhadap komputer kamu.

**
Kalo RAM yang kamu miliki terdapat 2 keping atau lebih, tentu lebih mudah untuk mengecek mana RAM yg mati atau eror dan RAM yg hidup normal. Kamu bisa mencoba membersihkan RAM yg tidak terbaca.

**
Banyak juga terjadi RAM kamu terbaca setengahnya. Ini sering terjadi pada RAM yg memiliki IC pada dua sisi kepingnya. Tidak terbacanya RAM sebagaimana mestinya ini disebabkan rusaknya IC pada salah satu sisi RAM.

#2. Komputer Terkena VIRUS!

Virus menjadi penyebab kedua yg mengakibatkan komputer kita lelet. Karakter Virus yg aktif di Background, mengkopi dirinya, memperbanyak files, merusak file, dll, yg menjadikan komputer super lelet.

* Ampuhkah Antivirus Kalo udah Begini?
Antivirus akan bekerja untuk mencegah Virus, tapi Kalo udah TERINVEKSI, maka antivirus hanya memiliki pilihan untuk mempenjara (Quarantine) atau menghapus (Delete) File yg terinfeksi.
Akibatnya, Virus akan tetap aktif Kalo hanya di Quarantine atau antivirus akan menyebabkan crash Kalo yg ter-delete adalah file program atau file Windows.

* Virus Bandel
Beberapa Virus bahkan mampu tetap aktif dan gak terdeteksi atau gak terserum dengan baik. File seperti Autorun Virus diketahui bahkan kebal terhadap beberapa Anti Virus.

* Memakai Banyak Antivirus?
Kalo memberikan banyak Antivirus, misal menggabungkan Antivirus Lokal dan Antivirus dari Luar, terkadang juga gak efektif, bahkan merupakan salah satu penyebab komputer lelet.

* Tips:
- Sebaiknya format dan install ulang komputer laptop kamu
- Lalu berikan Antivirus yg mampu mendeteksi file-2 Autorun atau file virus sejenis lalu mem-blokir-nya
- Jangan memberi gabungan 2 Antivirus, karena akan memperlambat kompi kamu. Beberapa gabungan Antivirus bahkan diketahui malah membuat crash.

#3. Bad Sector pada Harddisk

Bad Sector yg terjadi pada Harddisk adalah kerusakan yg terjadi pada sector tertentu di harddisk. Penyebab kerusakan ini beraneka ragam. Seperti terantuk (kepentok), jatuh, kejutan listrik, bad yg memang sengaja disembunyikan, dll.

**
Bad sector menyebabkan pembacaan pada file sebuah program menjadi lambat atau malah membuat Hang komputer. Kalo udah begitu 'Disk Defragment' jadi gak memungkinkan untuk mempercepat loading kompi kamu.

**
Beberapa bad yg terjadi bisa dibersihkan "hanya" dengan memformat komputer.
Tapi beberapa yg lainnya, mengharuskan memakai program seperti 'Disk Manager' atau 'program penghilang bad sector'.
Dan gak menutup kemungkinan Kalo udah parah, diharuskan mengganti harddisk kamu.

#4. Komputer - Laptop Panas

Komputer atau laptop punya salah satu syarat untuk bekerja, yaitu panas yg bisa diredam oleh Heatsink dan Kipas. Tapi seringnya kita cuek dengan kondisi ini, karena gak terbiasa mengecek "temperatur kompi" kita.

# Panas yang dibiarkan menyebabkan Komputer menjadi:

» Lelet
Komputer atau laptop akan menjadi lelet. Kita akan merasakan kinerja komputer menjadi "lain dari biasanya".

» Hang
Kalo terus dibiarkan, komputer jadi Hang. Tanpa sadar, kita hanya mematikan dan menunggu beberapa saat lalu menghidupkan kembali. Hidupnya komputer karena panas mereda, lalu akan kembali Hang beberapa saat kemudian.

» Motherboard Rusak
Kalo terus dipaksakan maka "Motherboard" kamu akan rusak. Terutama pada elcho-elcho yg menggembung atau rusak.

» Mati TOTAL
Prosesor kamu akan dihajar, yang menyebabkan komputer mati total!

* Tips:
Kamu bisa mengecek panas komputer kamu di "BIOS" pada "Hardware Management". Bisa juga memegang Heatsink apakah panasnya normal atau gak, atau dengan software tertentu.

# Berikut beberapa hal Penyebab Komputer Panas:

» Kotoran
Kotoran yg melekat pada Heatsink menyebakan sirip-sirip pada Heatsink gak mendapatkan pelepasan panas yg sempurna dari kipas.
- Bersihkkan kotoran-kotoran yg melekat pada Heatsink.

» Kipas Mulai Gak Bekerja Normal
Kipas memiliki perioda tertentu sampai akhirnya akan gak bekerja normal atau bahkan mati.
- Ganti kipas kamu dengan yang baru, atau
- Coba oleskan minyak, oli, atau contact cleaner pada as di kipas agar kipas kembali berjalan normal.

» Kipas Gak Terpasang dengan Baik
Kipas atau Heatsink, melekat pada Prosesor melalui penjepit-2. Kalo penjepit ini gak terpasang sempurna, baik karena kelalaian atau patah pada salah satu sisi penjepit, maka akan menyebabkan panas yg berlebihan.
- Pastikan penjepit kipas terpasang baik
- Kalo patah, ganti penjepit dengan yang baru.

» Pasta yang Mengering
Pada jarak antara prosessor dan heatsink biasanya diberikan pasta (Heatsink Compound/Thermal Pasta). Kalo udah mengering, pasta ini malah bukan jadi peredam panas, tapi malah menyebabkan panas.
- Bersihkan pasta yang melekat baik pada Heatsink maupun pada Prosessor
- Kalo perlu berikan pasta lagi.
- Fungsi pasta (Heatsink Compound/Thermal Paste) adalah menghilangkan celah yg mungkin terjadi antara Prosessor dan Heatsink yg mengakibatkan gak sempurnanya penyerapan panas yg dilakukakan oleh Heatsink.

Nah, setelah mengetahui beberapa Penyebab Komputer Menjadi Lelet diatas mungkin itulah alasannya kenapa komputer atau laptop kamu jadi lemot. Coba perhatikan dan selalu cex komputer kamu biar gak lelet. Semoga tulisan tentang Apa Penyebab Komputer Jadi Lelet diatas bermanfaat. Disalin dari tulisan David Usman dan google.co.id. By: StarData Service.
Advertisement

Penyebab Komputer Jadi Lelet (Lemot)

Published by: Admin on 01.39.

Silahkan Komentar Disini:

3 comments:

  1. Makasih infonya pak... laptop sy kebetulan udh lambat.. udh coba di otak-atik tapi tetap saja lambat

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus