Cara Memperbaiki Sendiri Printer Epson DFX 9000 Ribbon Jam

Advertisement
Cara Memperbaiki Sendiri Printer Epson DFX 9000 RIBBON JAM

Berikut penulis ingin berbagi pengalaman cara mengatasi kerusakan printer Epson DFX 9000 dengan error RIBBON JAM. Mengingat banyaknya pengguna yang mengalami error ini, mudah-mudahan tulisan ini bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut. Baiklah langsung saja.


Awalnya penulis menganalisa error ini disebabkan oleh adanya kerusakan pada bagian sensor RDA (Ribbon Drive Assembly) atau penggerak pita. Karena user menjelaskan bahwa Ribbon-nya belum lama diganti, dan biasanya jika sudah diganti Ribbon-nya dengan yang baru, printer akan kembali normal tetapi selang beberapa lama error ini muncul kembali.

Setelah dilakukan pengecekan pada bagian sensor RDA (Ribbon Drive Assembly)/penggerak pita, ternyata tidak ada masalah, semua komponen berjalan baik kemudian pengecekan di lakukan pada Ribbon Cartridge itu sendiri, ternyata setelah Ribbon di bongkar terlihat pita tersangkut pada Roll penggerak pita.

Setelah menganalisa penyebab pita yang tersangkut tersebut penulis menyimpulkan kerusakan disebabkan karena pita yang terlalu penuh sehingga perputaran pita tidak normal.


Untuk menangani masalah ini penulis mengganti isi Pita Ribbon Cartridge DFX 9000 tersebut dengan Pita Refill Epson LQ2180, karena pitanya lebih pendek sehingga pergerakan pita akan lancar. Terbukti setelah isi pitanya diganti masalah Ribbon Jam bisa terselesaikan......

NB: Sebaiknya gunakan Pita Epson yang Asli agar tidak cepat kering..
Salam STARDATA..
Advertisement

Silahkan Komentar Disini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar