Kipas Tidak Berputar Menyebabkan Komputer Mati Mendadak

Advertisement
Kipas Tidak Berputar Menyebabkan Komputer Mati Mendadak

Kipas (Processor/Power Supply) merupakan salah satu kelengkapan pada komputer, yang fungsinya sebagai pengalir hawa panas (membuang hawa panas dari chipset) yang disebabkan oleh komponen-komponen komputer, terutama Processor, IC dan Transistor. Kerusakan atau tidak berfungsinya kipas (Kipas Tidak Berputar) pada komputer bisa menyebabkan Komputer rusak fatal atau Komputer Sering Mati Mendadak.


Kipas biasanya bekerjasama dengan Heatsink yang berfungsi menyerap panas, lalu dibuang oleh kipas. Kalo Kipas tidak bekerja dengan baik (berputar lambat, tidak berputar atau rusak), menyebabkan hawa panas yang seharusnya dibuang jadi mengendap dan menimbulkan panas berlebih. Kalo panas pada Processor, IC atau Transistor mencapai batas toleransi, maka akan menyebabkan komputer menjadi Hang, atau bahkan Sering Mati Mendadak.

Ada dua Kipas Utama yang harus berjalan baik di Komputer, yaitu:

1. Kipas Processor
Fungsinya membuang hawa panas yang diserap oleh heat-sink dari processor.
2. Kipas Power Supply
Fungsinya membuang hawa panas terhadap komponen-komponen yang terdapat di power supply.
3. Kipas Casing dan Kipas Harddisk
Selain kedua kipas utama, ada juga kipas tambahan yang berfungsi sebagai pendukung kipas processor yaitu kipas casing dan kipas harddisk. Kipas ini gak terlalu urgent fungsinya, sehingga tanpa kipas ini komputer akan tetap berjalan. Tapi penambahan kipas tambahan akan sangat membantu kinerja komputer jadi lebih baik.

# Akibat Kipas Processor / Power Supply Rusak #

*) Kalo Kipas Processor Rusak, pastinya akan berakibat fatal. Biasanya komputer gak akan bisa loading, atau ada notifikasi tentang "CPU Fan Error". Akibatnya komputer akan terus melakukan restart atau sering mati mendadak. Kadang malah komputer tidak bisa di hidupkan kembali, hingga butuh beberapa saat sampai processor dingin baru komputer bisa dihidupkan. Dan kejadian restart atau mati mendadak akan terjadi lagi.

*) Pada Processor dan Motherboard tertentu, yang dilengkapi dengan sensor panas maka komputer akan mati dengan sendirinya pada derajat panas tertentu. Sehingga bisa dibilang processor akan aman. Tapi pada processor dan motherboard tertentu yang tidak dilengkapi dengan sensor panas, maka kerusakan pada kipas akan mengakibatkan jebolnya processor dan motherboard.

*) Kerusakan juga terjadi pada Program Windows anda. Sehingga pada beberapa kasus, file system yang terdapat di Windows rusak hingga untuk melakukan perbaikannya anda harus melakukan instalasi ulang.

*) Kalo Kipas Power Supply Rusak, hal yang sama juga terjadi. Komputer sering restart karena hawa panas yang terdapat pada power supply. Bila di diamkan terus menerus, maka akan mengakibatkan matinya power supply. Terkadang, bisa menyebabkan rusaknya Motherboard dan Harddisk.

# Pemeriksaan Kipas Secara Berkala #

Biasanya, penyebab kipas tidak berfungsi dengan baik (rusak) adalah banyaknya kotoran atau debu yang terdapat pada kipas. Atay bisa juga diakibatkan karna kinerja Kipas terhambat (terganjal kabel atau sebab lain). Karena itu perlu dilakukan pemeriksaan pada kipas secara berkala.

* Pertama
Pastikan kipas pada komputer sesuai dengan standar yang berlaku. Pastikan Kipas Processor yang dipakai adalah Kipas Orisinil dari produsen Processor. Pastikan juga pemasangan Kipas dan Heatsink komputer benar-benar telah pas. Karna pemasangan heatsink + fan yang kendor akan berakibat fatal.
* Kedua
Pastikan kipas pada komputer berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Periksa kabel-kabel dan hal-hal lain yang mungkin menyumbat kinerja kipas.
* Ketiga
Periksa apakah kipas bekerja dengan melihat langsung pada putaran kipas. Pada power supply, rasakan putaran kipas dengan tangan dari belakang power supply.
* Keempat
Lakukan pembersihan pada kipas yang berdebu dengan kuas kecil untuk menghilangkan debu. Pada kipas yang sudah mulai lamban bekerjanya, bisa semprotkan contact cleaner pada as (sumbu) kipas. Kalo kipas rusak, ada yang patah dan tidak berputar, silahkan ganti dengan Kipas yang baru yang orisinil.

Sebelum Kipas bermasalah, biasanya sering terdengar suara Kipas pada Komputer yang lebih kencang dan rada aneh. Hal ini mungkin biasa, tapi terkadang menjadi kode atau peringatan kalo Kipas akan mengalami masalah. Kalo misalnya Komputer sering restart sendiri atau sering mati mendadak, bisa buka casing dan periksa Kipas-nya, karna salah satu penyebab komputer mati mendadak adalah Kipas tidak berputar atau kipas rusak.

Itulah sedikit informasi tentang salah satu penyebab komputer mati mendadak karena kipas tidak berputar atau rusak. Beberapa penjelasan tentang Kipas pada Komputer, jenis kipas dan cara melakukan pemeriksaan atau mengganti kipas yang tidak berputar atau rusak. Semoga bermanfaat. Salam STARDATA dari sumber pengalaman pribadi dan google.com.
Advertisement

Silahkan Komentar Disini:

11 comments:

  1. Kalau dah gk mau berputar kipasnya walau dibersihin, mesti ganti lah ya...

    BalasHapus
  2. Selain power suply yang stabil,.kipas juga merupakan penyebab utama komputer mati mendadak

    BalasHapus
  3. @Danyel: Kalo emang masih ga bisa berputar, lebih baik ganti kipas yang baru
    @Walidin: Iya sob. Kipas cukup berpengaruh sama komputer. Kalo kipas mati, komputer jadi lebih cepet panas dan sering mati mendadak

    BalasHapus
  4. Emang gak papa kalau buka casing sendiri

    BalasHapus
  5. numpang tanya..
    kalau kipas prosesornya sudah diganti..
    tapi masih aja gk hidup, kendalanya apa ya

    BalasHapus
  6. Tolong dibalas
    Saya sudah beli power supplay lalu saya pakai ke komputer , semua nya sih hidup tapi kok kipas power supplay nya ngak hidup ya?itu bisa membahayakan ngak?

    BalasHapus
  7. @Anonim: Kalo kipas di Power Supplay gak hidup, berarti bermasalah itu Power Supplay nya. Coba tanyain ke tempat pembelian, biasanya ada garansi toko, minta tuker aja. Karna standard nya, Kipas Power Supplay itu harus hidup..

    BalasHapus
  8. gan mhn solusinya, laptop ane setelah ganti kipas prosesor kok malah gak nyala, layar htam, kipas gk gerak sdktpun, hardisk gk nyala tp anehnya lampu indikator gmbr bohlam nyala ijo, kalo di cas lampu gk nyala tp kalo lptp dimatikan lampu cas nyala, apa penyebabnya, tks atas solusinya,

    BalasHapus
  9. Numpang tanya mas bro
    Kalau laptop sering standby sendiri walaupun keadaan masih main itu kenapa ya?kendala ini terjadi setelah upgred win 10

    BalasHapus
  10. Boleh tanya, kalo kipas yang baru harganya sekarang berapaan ya mas??

    BalasHapus